5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Paling Efektif

5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Paling Efektif!

Cara mengobati infeksi saluran kemih harus dengan penanganan yang benar. Karena jika tidak, akan menyebar ke ginjal dan bisa membahayakan. Infeksi saluran kemih adalah jenis infeksi pada saluran kemih, bisa terjadi di kandung kemih, uretra atau di ginjal. Berawal dari ginjal, zat sisa di dalam darah disaring dan dikeluarkan dalam bentuk urine. Jika urine yang keluar sedikit atau tidak tuntas, rasa panas seperti terbakar dan ingin selalu kencing.

Adalah merupakan beberapa gejala penyakit ISK, dan wanita lebih berisiko terkena penyakit ini dibandingkan pria. Hal ini bisa disebabkan karena anatomi organ saluran kemih pada wanita berbeda dengan pria. Wanita memiliki uretra lebih pendek daripada pria, sehingga jalur bakteri yang memasuki kandung kemih lebih pendek. Selain itu, wanita yang aktif secara seksual akan lebih berisiko terkena ISK daripada wanita yang tidak aktif secara seksual.

5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Paling Efektif!

5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Paling Efektif

Ada beberapa cara mengobati infeksi saluran kemih  yang bisa Anda lakukan. Cara pengobatan untuk penyakit ini harus dilakukan secara tuntas. Karena jika tidak, akan menyebabkan berbagai komplikasi, seperti infeksi yang berulang dan cepat kambuh. Dan risiko berulang dan kerap kambuh sering terjadi pada wanita. Bahkan ada yang sampai dua kali atau lebih dalam waktu enam bulan, atau lebih dari 4 kali dalam setahun.

Beberapa komplikasi serius dari penyakit ISK yang bisa terjadi adalah kerusakan ginjal permanen, kelahiran bayi prematur dan sepsis yaitu infeksi yang menyebar ke darah. Sedangkan pada pria, komplikasi yang bisa terjadi adalah penyempitan uretra. Dan berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit ISK yang Anda alami, beserta berbagai cara pengobatannya.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati infeksi saluran kemih yang pertama adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Untuk menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, Anda harus mencukupi kebutuhan air putih di tubuh Anda. Seperti yang Anda tahu, bahwa penyakit ISK juga memiliki hubungan yang erat dengan kinerja ginjal. Jika Anda mengalami kencing berwarna sangat pekat dan berbau dan terasa tidak tuntas.

Bisa jadi ginjal Anda bermasalah atau ginjal terlalu berat bekerja. Maka untuk melancarkan dan membersihkan ginjal Anda kembali, Anda harus memperbanyak minum air putih. Dengan memperbanyak minum air putih, maka akan membantu membersihkan ginjal dan melancarkan urine. Selain itu, tubuh Anda juga akan terhidrasi dengan baik, meskipun Anda harus buang air kecil berulang kali.

2. Memakan Buah Cranberry

Cara mengobati infeksi saluran kemih yang selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah cranberry. Seperti yang Anda tahu, bahwa wanita lebih berisiko mengalami ISK dibandingkan pria. Dan menurut penelitian, wanita yang rutin mengonsumsi jus cranberry sebanyak 240 ml setiap harinya, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ISK.

Hal ini karena cranberry dapat mencegah masuknya bakteri ke dalam saluran kemih yang bisa menyebabkan penyakit infeksi saluran kemih. Maka untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi jus cranberry minimal 240 ml setiap hari.

3. Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih dengan Antibiotik

Mengobatan ISK yang paling umum adalah dengan menggunakan antibiotik. Cara kerja antibiotik adalah bekerja melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Setelah pemberian antibiotik, biasanya gejala penyakit ini akan berangsur angsur menghilang. Meskipun sudah membaik, namun antibiotik harus tetap Anda konsumsi hingga habis sesuai petunjuk dokter.

Hal ini bertujuan agar bakteri sepenuhnya mati dan penyakit tidak berulang lagi dan kerap kambuh. Jenis obat antibiotik tersebut biasanya adalah fosfomycin, trometamol, nitrofurantion, dan trimethoprim. Namun, untuk mengetahui jenis antibiotik yang sesuai, sebaiknya Anda memeriksakan penyakit Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Vitamin C

Penyakit ISK juga bisa terjadi karena kurangnya asupan vitamin C di tubuh Anda. Penelitian menunjukkan meningkatkan vitamin C ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih, terbukti efektif mengobatinya. Hal ini karena vitamin C mampu meningkatkan keasaman urine, sehingga bisa membunuh bakteri penyebab infeksi.

Saat Anda terkena penyakit ini, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi buah-buahan dan juga sayur mayur yang tinggi vitamin C. Seperti jeruk, tomat, kiwi dan paprika merah, agar penyakit ISK Anda cepat sembuh. Selain bisa mengobati ISK, vitamin C juga sangat bagus meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah sakit.

5. Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih dengan Yoghurt

Dan cara mengobati infeksi saluran kemih yang terakhir, bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi minuman probiotik atau yoghurt. Sebuah studi menemukan bahwa wanita dewasa yang mengonsumsi yoghurt atau makanan probiotik saat terkena infeksi saluran kemih. Akan lebih cepat sembuh daripada yang tidak mengonsumsinya.

Hal ini karena makanan atau minuman probiotik mengandung bakteri lactobacillus yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain yoghurt, Anda juga bisa mengobati ISK dengan makanan fermentasi lainnya, seperti kefir, kimchi dan teh kombucha.

5 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Paling Efektif!

Dapatkan  juga informasi jadwal praktek Jadwal Jadwal Dokter dari beberapa rumah sakit terdekat seperti RS Mitra Keluarga Surabaya, RS Mitra Keluarga Bekasi Timur, Jadwal Jadwal Jadwal Dokter RS Mitra Keluarga Cibubur dan beberapa rumah sakit lainnya.

Demikian Informasi ini, Terimakasih Kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda disini.

Bila ada informasi terkait informasi ini bisa dimasukkan dan ditambahkan di kolom komentar, dan itu sangat berharga sekali bagi admin dan bagi pengunjung blog ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga :

4 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami.

5 Cara Mengobati Anosmia yang Tepat dengan Berbagai Penyebabnya.

Cara Mengobati Sinusitis Dengan Bawang Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!