Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021/2022.

Tipssehatcantik.com – http://scmb.untan.ac.id, Hasil seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021, Pengumuman kelulusan hasil seleksi mandiri UNTAN Pontianak tahun 2021/2022. Daftar nama calon mahasiswa lulus seleksi UJIAN MANDIRI SPMB S1 UNTAN Pontianak 2021 2022,

Informasi hasil penerimaan Mahasiswa Baru melalui Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak tahun 2021, jadwal jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru UNTAN Pontianak 2021/2022, seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru UNTAN Pontianak Mandiri 2021.

Admin bagikan informasi seputar dan silahkan anda simak :

Hasil jalur mandiri UNTAN Pontianak 2021

biaya jalur mandiri UNTAN Pontianak

Hasil seleksi pmb UNTAN Pontianak 2021

link pendaftaran jalur mandiri UNTAN Pontianak 2021

Baca Juga :

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN Tahun 2021.

Bagaimana Cara Menegecek Hasil Nilai UTBK SBMPTN.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.

Kapan jadwal pendaftaran dan pengumuman hasil penerimaan mahasiswa baru UNTAN PONTIANAK Jalur Mandiri tahun ajaran 2021/2022?

Tentu ini menjadi pertanyaan bagi anda yang tidak lulus seleksi SBMPTN tahun 2021.

Berikut ini admin akan bagikan informasi mengenai Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN PONTIANAK 2021/2022.

Sebagai Informasi pengan Hasil Seleksi Pendaftaran Jalur Mandiri penerimaan mahasiswa UNTAN PONTIANAK Tahun 2021 akan diumumkan sesuai jadwalnya.

Pengumuman hasil seleksi Jalur Ujian Mandiri UNTAN PONTIANAK dapat dilihat di website : http://scmb.untan.ac.id.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021/2022.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2020/2021

Informasi Umum

Informasi Umum

I. LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 6  Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri. Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Universitas Tanjungpura dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura. Universitas Tanjungpura menyelenggarakan Jalur Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura dengan Kelas Reguler (kelas pagi) dan kelas Mandiri (Kelas Sore dan Malam) untuk penerimaan mahasiswa baru.

Seleksi Jalur Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura adalah seleksi yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura menggunakan metode ujian tertulis atau kombinasi ujian tulis dan ujian keterampilan.  Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang studi sains dan teknologi (Saintek), dan/atau sosial humaniora (Soshum). Selain mengikuti ujian UTBC peserta yang memilih program ilmu seni pertunjukan dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pendaftaran, jenis ujian, kelompok dan materi ujian, pilihan program studi, biaya seleksi, dan jadwal ujian. Secara rinci, informasi lengkap mengenai Seleksi Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura dimuat dalam panduan yang dapat diakses di laman resmi http://scmb.untan.ac.id

 

II. TUJUAN

Penjaringan  mahasiswa baru melalui pola penerimaan  mahasiswa secara mandiri bertujuan memberikan kesempatan kepada  masyarakat yang memiliki kemampuan mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

III. PERSYARATAN

A. Umum

Peserta Seleksi Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura UNTAN harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Bagi yang memilih Kelas Reguler, lulusan SMA/SMK/MA atau yang setara/paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2019, 2020 dan 2021.
  2. Bagi yang memilih Kelas Mandiri syarat tahun kelulusan tidak dibatasi.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

B. Khusus

  1. Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian yang sama, yaitu dari Kelompok Saintek dan Kelompok Soshum
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan dan Rekreasi dan Program Studi Kepelatihan Olahraga tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi peserta yang memilih Program Studi Keperawatan, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan minimal 155 cm untuk pria.
  4. Bagi peserta yang memilih Program Studi Kedokteran diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan.
  5. Untuk program studi yang mensyaratkan tidak buta warna dapat dilihat pada pengumuman di scmb.untan.ac.id

 

IV. BIAYA SELEKSI UJIAN

  1. Biaya mengikuti ujian tulis sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah)
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Penjaskes, Program Studi Seni Pertunjukan, dan Program Studi Kepelatihan Olahraga wajib membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
  3. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Bank Kalbar
  4. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

 

V. WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara online, mulai tanggal 17 Mei s.d 18 Juni 2021  dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://scmb.untan.ac.id.

 

VI. TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon peserta melakukan pendaftaran pada website http://scmb.untan.ac.id untuk mendapatkan Kode Akses Peserta (KAP) dan PIN peserta tes Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  2. Calon peserta kemudian melakukan pembayaran pada Bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta test Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura
  3. Teller menerima uang pembayaran dan memastikan transaksi ke dalam sistem Host to Host (exTeller).
  4. Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta Seleksi Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  5. Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan MENCETAK KARTU PESERTA TEST LAINNYA secara online pada website http://scmb.untan.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.
  6. Biaya kuliah untuk Kelas Reguler (kelas pagi) adalah biaya UKT sedangkan Kelas Mandiri (Kelas Sore dan Malam) dikenakan biaya Non UKT. Besarnya biaya kuliah dapat dilihat pada laman http://keuangan.untan.ac.id

 

VII. JENIS UJIAN

A. Ujian Tertulis

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan Skolastik (TKS)
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan.

B. Ujian Keterampilan

Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.

  1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.

 

VIII. JADWAL UJIAN 

 

Hari dan 

Tanggal

Pukul Kegiatan
Senin dan Rabu 

28 & 30 Juni 2021

07.30-08.00 

08.00-09.45

Pengisian Identitas Peserta 

Tes Kemampuan Skolastik

09.45-10.15 Istirahat
10.15-12.00 

10.15-11.30

 

Tes Kemampuan Dasar Saintek 

Tes Kemampuan Dasar Soshum

 

CATATAN:

APABILA SITUASI DAN KONDISI TIDAK MEMUNGKINKAN, MAKA JADWAL UJIAN AKAN DIATUR ULANG PELAKSANAANNYA

 

IX. PENGUMUMAN HASIL UJIAN TERTULIS

Hasil Seleksi diumumkan pada tanggal 14 Juli 2021 melalui media masa cetak dan website Untan dengan alamat http://scmb.untan.ac.id.

 

X. REGISTRASI BAGI PESERTA YANG DITERIMA

  1. Bagi peserta yang diterima pada Seleksi Jalur Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura harus mendaftar (registrasi) kembali pada tanggal 15 s.d. 30 Juli 2021
  2. Prosedur dan Tata cara registrasi akan diberitahukan kemudian.

Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021/2022.

VI. TATA CARA PENDAFTARAN Jalur Mandiri UNTAN

  1. Calon peserta melakukan pendaftaran pada website http://scmb.untan.ac.iduntuk mendapatkan Kode Akses Peserta (KAP) dan PIN peserta tes Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  2. Calon peserta kemudian melakukan pembayaran pada Bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta test Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura
  3. Teller menerima uang pembayaran dan memastikan transaksi ke dalam sistem Hostto Host (exTeller).
  4. Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta Seleksi Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura.
  5. Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan MENCETAK KARTU PESERTA TEST LAINNYA secara online pada website http://scmb.untan.ac.iddengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.
  6. Biaya kuliah untuk Kelas Reguler (kelas pagi) adalah biaya UKT sedangkan Kelas Mandiri (Kelas Sore dan Malam) dikenakan biaya Non UKT. Besarnya biaya kuliah dapat dilihat pada laman http://keuangan.untan.ac.id

VII. JENIS UJIAN

Ujian Tertulis

Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan Skolastik (TKS)
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Ujian Keterampilan

Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.

  1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.

Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021/2022.

VIII. JADWAL UJIAN 

Hari dan

Tanggal

Pukul Kegiatan
Kamis

16 & 18 Juli 2021

07.30-08.00

08.00-09.45

Pengisian Identitas Peserta

Tes Kemampuan Skolastik

09.45-10.15 Istirahat
10.15-12.00

10.15-11.30

Tes Kemampuan Dasar Saintek

Tes Kemampuan Dasar Soshum

PENGUMUMAN HASIL UJIAN TERTULIS

Hasil Seleksi diumumkan pada tanggal 30 Juli 2021 melalui media masa cetak dan website Untan dengan alamat http://scmb.untan.ac.id.

REGISTRASI BAGI PESERTA YANG DITERIMA

  1. Bagi peserta yang diterima pada Seleksi Jalur Ujian Tulis Masuk Universitas Tanjungpura harus mendaftar (registrasi) kembali pada tanggal 3 s.d. 14 Agustus 2021
  2. Prosedur dan Tata cara registrasi akan diberitahukan kemudian.

Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN PONTIANAK 2021/2022.

Demikian informasi ini, Semoga anda pembaca dan pengunjung setia blog ini yang mendaftar ini bisa lulus. Aamiin

Terimakasih kunjungan anda dan jangan lupa tinggalkan jejak anda.

Berikan komentar anda dan bagikan informasi ini untuk teman, saudara dan keluarga anda yang membutuhkan informasi ini.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Baca juga :

Contoh Psikotes Soal Matematika dilengkapi pembahasan Jawabannya.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya Dilengkapi Penjelasannya.

Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN Tahun 2021.

One Reply to “Pengumuman Hasil Seleksi Jalur Mandiri UNTAN Pontianak 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!